Biografi Jokowi Biodata dan Profil Singkat Presiden Ke 7 RI

Biografi Jokowi via Biograficom.com – Pada artikel kumpulan biografi ini, kami akan menjelaskan biografi singkat Jokowi, riwayat hidup Jokowi, profil Jokowi, serta biodata lengkap beliau. Jokowi merupakan nama populer dari Joko Widodo. Preseden ke 7 Indonesia ini memang akrab disapa Bapak Jokowi. Dimana nama panjangnya adalah Ir. H. Joko Widodo. Agama Jokowi ialah Islam. Berdasarkan riwayat Jokowi, beliau lahir di Surakarta, 21 Juni 1961. Beliau dulunya adalah seorang pengusaha mebel di Surakarta. Beliau lahir dari pasangan orang tua yang bernama Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomihardjo. Jokowi menikah dengan Iriana Joko Widodo yang akhirnya dikarunia 3 orang anak yang bernama :

  1. Gibran Rakabuming Raka (1988),
  2. Kahiyang Ayu (1991),
  3. Kaesang Pengarep (1995).

 

Biografi Jokowi, dan Biodata Singkat Beliau

Profil Singkat Pendidikan Jokowi

biodata jokowi

Jokowi merupakan anak yang sempat hidup sederhana bersama orang tuanya di Surakarta. Menurut artikel kumpulan biografi, Jokowi memulai pendidikannya dibangku sekolah dasar, kemudian menempuh SMP dan SMA. Tak berhenti disitu, Jokowi melanjutkan studinya di Universitas Gajah Mada. Setelah mendapat gelar dari Universitas asal Yogyakarta tersebut, beliau merantau kerja di Aceh. Dimana beliau bekerja di salah satu BUMN. Setelah mendapat pengalaman, beliau kembali ke Surakarta dengan bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang perkayuan CV Roda Jati. Selanjutnya pada tahun 1998 Jokowi mulai berbisnis dengan modal dan pengalaman yang dimiliki. Dimana beliau akhirnya berhasil mengembangkan bisnisnya di bidang mebel, pencapaian nya adalah menjadi eksportir mebel di Surakarta.

Berikut Biografi Joko Widodo berdasarkan Riwayat Pendidikan Beliau :

  • Sekolah Dasar : SDN 111 Tirtoyoso Solo,
  • Sekolah Menengah Pertama : SMP 1 Solo,
  • Sekolah Menengah Atas : SMAN 6 Solo,
  • Kuliah : Universitas Gajah Mada

Riwayat jabatan Jokowi

Setelah sukses di dunia bisnis, tahun 2005 Jokowi memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Dimana beliau mencalonkan sebagai walikota Solo bersama PDI Perjuangan. Pada pencalonan tersebut, beliau berhasil maju sebagai walikota Solo walaupun banyak yang meragukan kemampuannya karena basiknya yang seorang pengusaha mebel. Namun tanpa disangka selama kepemimpinan Jokowi bersama wakil walikota Solo yaitu F.X Hadi Rudyatmo, kota Solo mengalami kemajuan yang pesat. Dimana kota Solo menjadi tuan rumah berbagai acara penting sekelas dunia, dan memiliki tata kota yang lebih maju dibandingkan sebelumnya.

 

biografi jokowi

Karena prestasinya mengubah Solo menjadi kota yang maju dan lebih baik, pada tahun 2012 Beliau dicalonkan sebagai gubernur Jakarta diusung oleh partai PDI Perjuangan. Dimana beliau bertanding di pemilihan gubernur Jakarta bersama Basuki Cahaya Purnama atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ahok. Beliau yang merupakan sosok wong cilik atau rakyat kecil berupaya menjadikan Jakarta lebih baik dan lebih suka blusukan dalam setiap kampanye nya. Hingga akhirnya Beliau berhasil menjadi orang nomor satu di Jakarta pada saat itu. Seperti halnya saat menjabat walikota Solo, Jokowi juga banyak melakukan banyak perubahan dan memperbaiki tata kota di Jakarta. Salah satunya adalah menangani masalah banjir di Jakarta yang sudah lama berlangsung. Sikapnya yang tegas dan sederhana dan bekerja nyata untuk rakyat menjadikan banyak orang yang mulai mengaguminya. Sehingga tidak heran banyak pihak yang mencalonkannya sebagai orang nomor satu di Indonesia.

Baca Juga Biografi Djarot Saiful Hidayat 

Kepemimpinan Jokowi Menjadi Presiden RI

Belum genap satu periode menjadi Gubernur Jakarta, beliau harus kembali bergelut dalam kegiatan kampanye dan Pemilu dalam pencalonan dirinya sebagai presiden. Jokowi menjalani banyak perjuangan untuk menang sebagai Presiden ke tujuh. Perjuangannya membuahkan hasil dimana pada tanggal 20 Oktober seorang pengusaha mebel akhirnya dilantik secara resmi sebagai Presiden ke tujuh menggantikan kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono.

Gaya kepemimpinan Presiden Jokowi memang dikenal masyarakat dengan gaya blusukan. Selain itu gayanya yang sederhana dalam kehidupan juga dalam cara bicaranya menjadikan banyak rakyatnya mengagumi beliau. Dimana selama masa kepemimpinan Jokowi menjadi Presiden banyak keputusan yang diambilnya. Dimana salah satunya adalah upaya pembangunan kemajuan Indonesia secara adil dan merata hingga pelosok negeri.

 

Ringkasan Riwayat Hidup dan Profil Jokowi

Nama LengkapJoko Widodo
Nama PopulerJokowi
Tempat, Tanggal LahirSurakarta, 21 Juni 1961
AgamaIslam
Nama Orang TuaAyah : Noto Mihardjo
Ibu : Sudjiatmi
Nama Saudara KandungLit Sriyantini
Ida Yati
Titik Relawati
Nama IstriIriana Joko Widodo
Nama AnakGibran Rakabuming Raka
Kahiyang Ayu
Kaesang Pangarep

 

Terimakasih telah membaca artikel singkat biografi Jokowi semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda.

Biografi Jokowi Biodata dan Profil Singkat Presiden Ke 7 RI | dheinzho | 4.5

Leave a Reply

error: Content is protected !!